PT. Kontak Perkasa Futures News

Ajang Balap Sepeda Tour de Linggarjati Lewati Obyek Wisata Kuningan

14 Sep 2016 - 10:22 WIB

Rute ajang balap sepeda Tour de Linggarjati | PT. Kontak Perkasa Futures


Pelaksanaan TdL 2016 akan dimulai dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pesepeda akan menempuh rute sepeda sepanjang 245 kilometer, melewati 20 kecamatan dan 200 desa di Kabupaten Kuningan.

Dalam TdL, para atlet balap sepeda akan memperebutkan titel juara dengan total hadiah sebesar Rp 500 juta. TdL 2016 melombakan tiga kelas yakni Individual Time Trial (ITT), Road Race/Circuit Race dan Criterium untuk elite (senior), junior, dan youth (pemula).

Event balap sepeda Tour de Linggarjati yang akan digelar pada 28-30 Oktober 2016 akan diikuti oleh 10 tim pesepeda luar negeri. Pesepeda yang sudah mengonfirmasi ikut serta adalah dari Singapura, Vietnam, Singapura, dan Australia.

Acep mengatakan, Tour de Linggarjati adalah sebuah keinginan masyarakat untuk mempromosikan Kabupaten Kuningan melalui acara balap sepeda.
Acep berharap melalui Tour de Linggarjati, Kabupaten Kuningan dapat dikenal hingga dunia internasional.

Sementara, Waduk Darma berada di bawah kaki Gunung Ciremai, sekitar 715 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan terletak sekitar 12 kilometer (km) di barat daya pusat kota Kuningan.

Obyek wisata Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana. Obyek wisata itu menyajikan suasana alam berpadu dengan keunikan Ikan Dewa dan Sumur Tujuh-nya.

Informasi yang dihimpun KompasTravel, gedung Perundingan Linggarjati adalah obyek wisata berupa kompleks seluas 2,4 hektar dan berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Adapun Rumah Perundingan Linggarjati merupakan titik awal dimulainya Tour de Linggarjati.

Rute ajang balap sepeda Tour de Linggarjati 2016 direncanakan akan melewati sejumlah obyek wisata di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pemerintah Kabupaten Kuningan selaku penyelenggara mengharapkan obyek-obyek wisata tersebut bisa terpromosikan.

“Obyek wisata yang dilewati adalah Rumah Perundingan Linggarjati, Waduk Darma, dan Cibulan,” kata Bupati Kuningan Acep Purnama dalam jumpa pers Launching Tour de Linggarjati di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Tour de Linggarjati, Cara Kuningan Gaungkan Pariwisata ke Mancanegara | PT. Kontak Perkasa Futures


“Tujuan penyelenggaraan TdL 2016 ini selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, juga sebagai upaya revolusi mental pembinaan generasi muda melalui cabang olahraga balap sepeda. Kegiatan tersebut juga sekaligus menjadi peringatan Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-581 dan peristiwa sejarah Perundingan Linggarjati ke-70,” kata dia.

Penyelenggaraan even berskala internasional yang kedua kalinya ini akan berlangsung di Kabupaten Kuningan pada 28-30 Oktober. Kegiatan ini mengambil start dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan.

“Penyelenggaraan even sport tourism seperti ini sangat efektif untuk berpromosi sekaligus dapat mendatangkan wisman dan pertumbuhan perekonomian langsung. Dari penyelenggaraan TdL 2016 ini diharapkan dapat mendatangkan 250 wisman dari ASEAN sebagai peserta,” kata Menpar Arief di Balairung Soesilo Soedarman, Selasa (13/9).

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini dapat mendorong percepatan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Kuningan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Kuningan ingin membuka akses pasar ke mancanegara untuk menjaring lebih banyak lagi wisatawan ASEAN khususnya Malaysia.

Mengenalkan pariwisata tak selalu dalam bentuk festival budaya. Sport tourism saat ini menjadi strategi efektif untuk menjangkit wisatawan mancanegara (wisman) maupun domestik.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bahwa sport tourism harus ditingkatkan demi tercapainya target kunjungan wisatawan di tahun 2019. Untuk itu, Menpar Arief bersama dengan Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama meluncurkan even lomba balap sepeda internasional Tour de Linggarjati (TdL).

Siap-Siap, Tour de Linggarjati Digelar 28 Oktober 2016 | PT. Kontak Perkasa Futures


Pelaksanaan TdL 2016 sendiri akan mengambil start di Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan. Para atlet balap sepeda ini akan unjuk kekuatan untuk memperebutkan gelar juara.

Dengan total hadiah Rp 500 juta, para peserta akan diadu cepat mengayuh sepeda sepanjang 245 km melewati 20 kecamatan dan 200 desa, termasuk berbagai destinasi wisata unggulan di Kuningan. Terdapat tiga kelas yang dilombakan, yaitu individual time trial (itt), road race/ circuit race, dan criterium untuk kategori elite (senior), junior, dan youth (pemula).

Sejalan dengan pemikiran Menteri Arief, Bupati Kuningan H Acep Purnama juga mengungkapkan, penyelenggaraan even ini dapat mendorong percepatan pembangunan kepariwisataan. Apalagi tahun ini Kabupaten Kuningan memiliki target 3 juta kunjungan wisnus dan 200 wisman.

Sementara itu, Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat mengatakan, “Tujuan penyelenggaraan TdL 2016 selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, juga sebagai upaya ‘revolusi mental’ pembinaan generasi muda melalui cabang olah raga balap sepeda sekaligus untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-518 dan peristiwa sejarah Perundingan Linggarjati ke-70.”

Menteri Arief Yahya mengatakan, “Penyelenggaraan even sport tourism seperti ini efektif untuk berpromosi sekaligus dapat mendatangkan wisman dan direct economi. Dari penyelenggaraan TdL 2016 dapat mendatangkan 250 wisman dari Malaysia (ASEAN) sebagai peserta dan akan terjadi direct economic sebesar Rp 4,2 miliar.”

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati Kuningan H Acep Purnama, baru saja meluncurkan secara resmi gelaran lomba balap sepeda internasional Tour de Linggarjati, di Balairung Soesilo Seodarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Digelar untuk keduakalinya, even wisata olahraga yang diselenggarakan pada 28-30 Oktober 2016 ini merupakan upaya promosi potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Kuningan. Selain sebagai promosi wisata, digelarnya even ini juga dimaksudkan sebagai cara untuk memacu pembangunan infrastruktur daerah, membuka akses untuk investasi, dan mendukung pencapaian target 12 juta kunjungan wisman dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara.

 

 

PT. Kontak Perkasa Futures


TAGS   Hiburan /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive