PT. Kontak Perkasa Futures News

Ada Asteroid Bernama Freddie Mercury

7 Sep 2016 - 09:45 WIB

Asteroid Freddie Mercury ditemukan di sisi orbit Planet Mars | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bali

 

Bahkan jika Anda tidak melihat (asteroid) Freedie Mercury melintas melalui langit, Anda bisa memastikan dia ada, selama ribuan tahun yang akan datang,” kata Parker.
Penamaan asteroid Freddie Mercury disambut dengan gembira oleh gitaris Queen, Brian May. Sang gitaris yang juga seorang astrofisikawan mengumumkan penamaan asteroid itu dalam peringatan ‘Freddie for a Day’ di Swiss.
“Penamaan ini untuk mengenali pengaruh luar biasa Freddie di dunia,” kata dia.
May menjelaskan asteroid Freddie Mercury merupakan objek gelap namun jika di antariksa terlihat seperti bara. Sementara jika dilihat dari Bumi, asteroid itu 10 ribu kali lebih redup saat manusia melihat dengan mata. Untuk itu, kata May, agar bisa melihat asteroid Freddie Mercury dibutuhkan teleskop yang sesuai.

“Lagu Freddie Mercury berjudul ‘I’m a shooting star leaping through the sky’ kini menjadi makin nyata dibanding sebelumnya,” ujar Joel Parker Southwest Research Institute yang mengeluarkan sertifikat penamaan asteroid tersebut.
IAU mengatakan mereka memberikan penghargaan kepada vokalis ikonik itu lantaran suaranya yang khas dan jangkauan vokalnya menambah keunggulan penampilanya di panggung. Suara vokalnya itu lah yang membuat Mercury menjadi salah satu penyanyi rock terbesar sepanjang masa.

Asteroid Freddie Mercury ditemukan di sisi orbit Planet Mars dan punya lebar 3,5 kilometer. Sebelumnya, batu luang angkasa itu punya nama Asteroid 1747 yang ditemukan pada 1991, tahun yang sama saat vokalis Queen itu meninggal dunia akibat komplikasi AIDS. Nah sekarang nama lengkap asteroid itu adalah Asteroid 17473 Freddie Mercury. Meski dekat dengan orbit Bumi, asteroid Freddie Mercury tidak membahayakan Bumi.

Peringatan ulang tahun ke-70, vokalis band rock asal Inggris, Freddie Mercury terasa spesial pada tahun ini. Sebab pada tanggal ulang tahunnya, 5 September, Persatuan Astronomi Internasional (IAU) melalui Minor Planet Center telah menamai sebuah asteroid dengan nama Freddie Mercury.

Dari Lirik, Kini Freddy Mercury Diangkat Jadi Asteroid | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bali

 

“Jadi di mana tepatnya letak asteroid Freddie? Well, letaknya di luar sabuk utama asteroid, di luar orbit Mars dan di dalam orbit Jupiter,” demikian penjelasan Brian May dalam video yang beredar lewat YouTube.

Brian May juga menunjukkan sebuah sertifikat yang mengesahkan nama Freddie Mercury sebagai salah satu asteroid di langit. Kini, dia tak hanya menjadi bintang yang dikenang banyak orang, namun juga benar-benar menjadi bintang di langit.

Pemberian nama sendiri dilakukan oleh nternational Astronomical Union, sebagai penghormatan untuk mendiang. Peresmian nama dilakukan pada tanggal tersebut, sekaligus untuk merayakan ulang tahun Freddie yang (seandainya masih hidup) seharusnya telah berusia 70 tahun.

Sebagaimana diumumkan oleh rekan sesama Queen, Brian May, nama Freddie Mercury kini digunakan untuk menamai sebuah asteroid. Nama 17473 Freddiemercury resmi disematkan pada Senin (5/9/2016).

Semasa hidup, Freddie Mercury dikenal sebagai musisi yang kerap melantunkan lirik-lirik yang metaforis. Salah satu tembang yang sarat kata-kata puitis adalah Don’t Stop Me Now.

Dalam lagu tersebut, ada lirik berbunyi I’m a shooting star leaping through the sky, yang jika diterjemahkan kurang lebih menjadi ‘akulah bintang jatuh yang melompat di langit. Kini, kata-kata itu bukan lagi sekedar kalimat metaforis.

Nama Freddie Mercury Diabadikan dalam Asteroid | PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bali

Orbit asteroid itu berada di antara Mars dan Jupiter, yang tak pernah mendekat ke Bumi lebih dari 350 juta kilometer. Asteroid itu juga menjadi wujud penggalan lirik Mercury yang berbunyi ‘I’m a shooting star leaping through the sky’ dalam lagu Don’t Stop Me Now.

Rekan satu bandnya, Brian May yang juga astrofisikawan mengungkapkan kabar itu dalam sebuah video. Sebagai pemetik gitar Queen, May mengungkapkan bahwa hal itu merupakan bentuk penghargaan dan kado untuk Mercury yang harusnya berulang tahun ke-70 pada 5 September kemarin.

Nama mendiang vokalis Queen Freddie Mercury akan diabadikan untuk sebuah Asteroid. Hal ini dilakukan sebagai bentuk bentuk kado perayaan hari lahirnya yang ke-70.

 

 

PT. Kontak Perkasa Futures Cabang Bali


TAGS   Entertainment / lifestyle /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive